Cara untuk Menguangkan Bisnis Anda

Cara untuk Menguangkan Bisnis Anda

Ada beberapa alasan mengapa seorang pengusaha ingin menjual bisnis. Seringkali, itu adalah satu-satunya sumber yang tersedia untuk mengumpulkan sejumlah besar uang tunai. Survei CNBC / Financial Planning Association menemukan bahwa 70% kekayaan pemilik usaha kecil diinvestasikan dalam bisnis mereka dan hanya 30% berada di luar perusahaan mereka.
Pemilik bisnis mungkin juga ingin menguangkan agar mereka dapat memulai usaha baru. Apa pun alasannya, menjual bisnis dengan harga yang tepat tidak pernah mudah. Dianjurkan untuk melakukan seluruh proses dengan cara yang sistematis dan dipikirkan dengan matang.

Penjualan saham atau penjualan aset

Ini adalah masalah pertama yang harus diputuskan. Biasanya, penjualan aset akan disukai oleh pembeli karena peralatan, perlengkapan, itikad baik, dan lisensi perusahaan akan ditransfer sementara kewajiban jangka panjang akan tetap berada di tangan penjual.

Pembeli juga akan dilindungi dari klaim apa pun yang diajukan untuk periode sebelumnya karena kepemilikan sah perusahaan akan tetap ada pada pemilik aslinya.

Penjualan saham, di sisi lain, akan mengalihkan kepemilikan sah dalam bisnis ke pembeli. Ini adalah cara yang lebih sederhana untuk menjual bisnis karena tidak perlu mentransfer setiap aset secara terpisah.

Ingat bahwa pengalihan kepemilikan perseorangan, kemitraan, atau perseroan terbatas tidak dapat terjadi melalui penjualan saham karena entitas ini tidak memiliki stok. Badan usaha jenis ini dapat dijual dengan transfer kemitraan atau kepentingan keanggotaan.

Jangan menyembunyikan apa pun

Jujurlah tentang kekuatan dan kelemahan bisnis Anda. Pembeli akan menghargai mendapatkan semua informasi yang relevan langsung dari Anda.

Calon pembeli pasti akan melakukan riset di perusahaan Anda. Jika ini memunculkan beberapa fakta yang telah Anda tekan, Anda akan kesulitan menjelaskan alasan untuk tidak memberikan rincian sebelumnya.

Bahkan, pembeli dapat menjadi curiga bahwa Anda tidak jujur ‚Äč‚Äčtentang kondisi bisnis Anda yang sebenarnya dan merasa lebih mudah untuk pergi.

Jaga masalah kekayaan intelektual

Jika bisnis Anda memiliki paten atau merek dagang untuk namanya, itu dapat berfungsi untuk meningkatkan nilainya. Tetapi mendaftarkan paten adalah proses yang memakan waktu dan mahal. Jika Anda ingin memanfaatkan faktor ini, Anda harus memulai latihan dengan baik sebelum tanggal penjualan yang ditargetkan.
Memulai proses pendaftaran merek dagang memiliki keunggulan lain. Anda mungkin menemukan bahwa Anda secara tidak sengaja melanggar merek dagang perusahaan lain. Penting untuk menyelesaikannya sebelum membuat perusahaan Anda dijual.

Penilaian

Tiba di harga jual adalah masalah yang sangat subjektif. Yang terbaik adalah mendapatkan penilai bisnis profesional yang terkenal untuk melakukan penilaian. Coba dan dapatkan orang yang berpengetahuan luas tentang industri Anda. Sementara pembeli mungkin tidak setuju dengan semua angka dalam laporan penilaian, itu pasti akan memberikan titik awal yang menjadi dasar pertimbangan penjualan akhir.

Menjual bisnis membutuhkan waktu

Menguangkan bisnis adalah latihan yang menghabiskan waktu. Ini juga setidaknya sama rumitnya dengan pengaturannya.

Jika Anda terburu-buru untuk menjual, itu akan berdampak negatif pada harga jual. Anda harus mempersiapkan bisnis Anda untuk dijual dengan mengidentifikasi masalah yang mungkin ditimbulkan oleh pembeli dan mengambil tindakan korektif yang diperlukan. Yang terpenting, pastikan bahwa buku-buku akun Anda diperbarui dan teratur.